Jalan Hidup Orang Benar

Siaran Radio Heartline bersama Samaria Ministri, Jumat 10 April 2015 pkl 19-20
Renungan oleh Yohannes Lie "Jalan Hidup Orang Benar"
Didampingi oleh Yefta Khohar, Dany Salim, Yosef Aegeng Laseno, dan Daniel Sanger
Penyiar Luki Winata
Ingin membaca renungan ini, silakan klik disini.  


“Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.” (Ams 4:18)

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari Siregar : Doakan agar menantu saya memiliki momongan karna sudah 5 tahun berkeluarga 
  • Dari Neli Agustin : Bagaimana cara menghilangkan iri hati? 
Jawab : Iri hati timbul karena perasaan rendah diri atau tidak percaya pada diri sendiri sehingga untuk mengatasi hal itu, seseorang ingin mempunyai sesuatu yang dimiliki orang lain dan tidak senang jika orang lain lebih hebat darinya. Untuk menghilangkan sifat negatif itu, kita harus memiliki kepercayaan diri bahwa diri kita mempunyai kelebihan unik yang tidak dimiliki orang lain. Kita harus yakin bahwa kita adalah ciptaan Allah yang amat mulia. Jika kita sudah percaya diri yang timbul bukan karena kita hebat, tapi karena Allah menyertai kita, maka sifat iri hati itu akan menghilang. Berdoalah agar diberi kemampuan.
  • Dari Ibu Veni : Terima kasih pada Yesus karna sudah memberikan kesehatan buat keluarga dan lain-lain. Doakan agar Tuhan selalu memberikan mujizat dalam keluarga. 
  • Dari Tipas : Orang yang bagaimana yang akan memiliki hidup kekal? 
Jawab : Orang yang memiliki hidup kekal adalah orang yang menerima karunia keselamatan dari Tuhan Yesus dengan beriman padaNya dan membuktikan iman itu dengan melakukan kehendak Bapa di Sorga.
  • Dari Anto : Apakah pendeta yang kekurangan ekonomi, hidupnya tidak benar? 
Jawab : Hidup benar tidak terkait dengan keadaan ekonomi seseorang. Jadi pendeta yang kekurangan ekonomi tidak berarti hidupnya tidak benar. Jika melihat keadaan pendeta seperti itu, janganlah menghakimi dia, tapi bila mampu, bantulah ekonominya agar dia dapat fokus pada pelayannya.
  • Dari Ibu Vivi : Kenapa ada banyak orang yang takut dibaptis? 
Jawab : Penyebab takut dibaptis ada bermacam-macam sebab, antara lain karena belum siap, belum percaya sepenuhnya pada Yesus, merasa belum layak, tekanan orang lain, atau masih mau hidup dalam dosa
  • Dari Grace : Bagaimana kita melewati tantangan dalam pelayanan? 
Jawab : Hadapi tantangan dalam pelayanan itu dengan selalu berdoa memohon pimpinan Roh Kudus, tetap berkomitmen kuat, mendapat dukungan dari saudara seiman dan sesama pelayanan, memiliki visi dan misi yang jelas, dan tidak mudah menyerah. Tetaplah kuat dalam pelayananmu, pasti Tuhan akan memberi keberhasilan padamu
  • Dari Sudirman: Sangat banyak pengajaran untuk percaya Yesus. Apakah untuk mengikut Yesus harus belajar teologi lebih dulu? 
Jawab : Untuk mengikut Yesus harus dimulai dengan beriman terlebih dulu, kemudian diteruskan dengan mempelajari Firman Tuhan melalui mendengar kotbah, merenungkan Firman Tuhan, dan konseling dengan para hamba Tuhan yang berkompeten. Jadi tidak perlu belajar teologi dulu. Kalau sudah semakin paham Firman Tuhan, memang ada baiknya belajar teologi.
  • Dari Dini : Apakah mengikut Yesus tidak boleh hanya percaya dan ibadah? Masalahnya saya baru mengenal Yesus 1 bulan?
Jawab : Ya, ketika kita percaya pada Yesus, tentu harus ada pertumbuhan dalam kerohanian kita. Jadi jangan hanya percaya dan beribadah saja, tapi juga mulai membaca dan merenungkan Firman Tuhan, ada perubahan kehidupan menjadi semakin baik dan memiliki karakter seperti Kristus, menjadi berkat bagi orang lain, dan kemudian aktif dalam kegiatan pelayanan. Semua itu harus didasari dengan motivasi mengasihi Tuhan
  • Dari Jessica : Kecocokan pasangan seiman dilihat darimana?
Jawab : Kecocokan pasangan seiman diperoleh jika keduanya bersikap dewasa, baik secara fisik maupun emosi, sudah hidup mandiri, saling mengasihi, setia dan menghormati, saling mendukung, dan saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berdoalah pada Tuhan agar mendapat pasangan yang cocok
  • Dari Ibu Fitriani : Apakah benar jika kita mengatakan anak bodoh maka anak kita akan menjadi bodoh? 
Jawab : Firman Tuhan berkata bahwa perkataan kita mengandung kuasa. Jadi berhati-hatilah dalam memarahi anak, jangan sampai keluar kata-kata yang buruk karena mungkin saja kata-kata itu menjadi kutuk baginya. Jika sedang bermasalah dengan anak kita, tenangkan hati dan pikiran lalu berdoalah agar Tuhan mengubah sifat anak yang negatif menjadi positip. Ada seorang ibu yang memiliki anak nakal sekali, ibu itu selalu berdoa agar Tuhan mengubah karakter anaknya, dan tenyata anaknya berubah total. Anak itu berubah menjadi anak yang berkarakter baik, ramah dan taat pada orangtuanya
  • Dari Reni : Firman Tuhan dalam Roma 13:8, apa maksudnya?
Jawab :  Roma 13:8, "Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat." Ayat ini mengingatkan kita agar hidup berpadan dengan apa yang ada pada kita. jangan ingin hidup berlebihan sehingga harus berhutang. Karena hutang bisa menjerat hidup kita dan dapat menimbulkan perselisihan ketika kesulitan melunasinya. Dalam lingkungan jemaat yang saling mengasihi, ketika ada seseorang sedang kesulitan, umumnya jemaat lain akan membantu tanpa harus berhutang. Berhutang dibolehkan jika keadaan mendesak namun harus segera dilunasi. Atau untuk urusan bisnis, pengusaha dapat menambah modal dengan meminjam di bank, namun hal itu pun harus diperhitungkan dengan cermat agar tidak menjerat perusahaannya.
  • Dari Bpk Mulyono : Doakan dalam pergumulan keuangan. 
  • Dari NN : Kalau kita mau mengenang atau berziarah isi Alkitab, harus pergi kemana?
Jawab : Jika memiliki dana cukup, kita dapat berziarah ke Israel. Tapi itu bukan keharusan.
  • Dari Kidoi : Bagaimna caranya agar ada semangat yang penuh dan dekat dengan Tuhan, dalam kondisi saya yang masih dalam penjara? Dan doakan.
Jawab : Setiap orang memang bisa melakukan kesalahan. Bersyukurlah ketika berada di penjara, anda telah menyadari kesalahan itu dan tetap rindu untuk bersemangat dan hidup dekat dengan Tuhan. Yang harus anda lakukan, jalani hukuman itu dengan ikhlas, ubahlah hidup anda menjadi semakin baik, tetap berdoa dan mohon bimbingan Roh Kudus, dan persiapkan diri menghadapi masa depan yang baik setalah bebas, dan jangan lakukan lagi kesalahan itu
  • Dari Maria Marta : Saya tinggal di tengah orang percaya yang tidak melakukan perintah Tuhan. Saya tidak mau mengikuti mereka yang berdoa pada arwah. Hati saya merasakan Allah cemburu, apakah tindakan saya benar? 
Jawab : Tindakan anda untuk tidak berdoa pada arwah sudah benar dan sesuai dengan ajaran Tuhan, pertahankanlah imanmu itu. Ya benar, jika kita berdoa pada arwah, Tuhan cemburu dan murka.
  • Dari Mey : Bagaimana dengan persepuluhun kalau pendapatan saya tidak tetap? 
Jawab : Persepuluhan diberikan dari laba bersih. Jika pendapatan naik, perpuluhan juga naik, jika rugi tentu tidak bisa memberi perpuluhan.
  • Dari Putra : Apa benar surga itu di telapak kaki ibu? 
Jawab : Itu ajaran dari agama lain, kami tidak akan membahasnya
  • Dari NN : Dimanakah sekarang letak bait suci dan Taurat?
Jawab : Bait Suci berada di Yerusalem, namun sekarang sudah tidak ada lagi karena dihancurkan oleh tentara Romawi yang dipimpin jendral Titus. Salinan kitab Taurat tentu saja ada pada bangsa Israel, dan terjemahannya ada pada Kitab Perjanjian Lama dalam Alkitab
  • Dari Ibu Maria : Bagaiamana jika kita punya hutang tapi meninggal sebelum melunasinya?
Jawab :  Jika hutang itu pada bank atau koperasi, umumnya sudah ada asuransinya. Jadi jika seseorang meninggal sebelum lunas, asuransi akan melunasinya. Jika hutang secara pribadi, bisa dilunasi oleh keluarganya, tapi bukan keharusan karena itu bukan hutang mereka.
  • Dari NN : Apakah Saksi Yehova itu? 
Jawab : Itu adalah salah satu sekte Kristen
  • Dari Ingan : Doakan buat Doni untuk kesehatan dan pekerjaannya. 
  • Dari Yahya : Saya mencoba selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, namun sering jatuh. 
Jawab : Untuk mendekatkan diri pada Tuhan perlu komitmen yang kuat, doa dan bimbingan Roh Kudus. Pada awalnya akan jatuh-bangun, namun terus berjuang melawan kedaginganmu, maka kamu akan berhasil
  • Dari Alex : Kalau ada seseorang ingin masuk Kristen karna bosan hidup miskin, itu bagaimana? 
Jawab : Motivasi itu keliru, sebab Tuhan Yesus menjanjikan keselamatan kekal. bukan kekayaan duniawi. Memang ada orang Kristen yang mendapat berkat jasmani, namun itu adalah kemurahan Tuhan, bukan tujuan hidup kekristenan.
  • Dari Puput : Doakan ibu teman bernama Muryati yang sakit lambungnya. 
  • Dari Marta: Mengapa Firman Tuhan memperbolehkan diperbanyak dengan buku-buku cerita?
Jawab : Alkitab adalah buku yang harus dibaca, baik oleh orang dewasa, pemuda, mau pun anak-anak. Karena itu ada Alkitab untuk anak yang diberi gambar-gambar lucu, dengan tujuan agar anak tertarik dan mau membacanya. Buku-buku cerita Kristen dibuat agar setiap orang, khususnya anak-anak, lebih mudah memahaminya. Hal itu tidak mengurangi makna kesakralan Alkitab.
  • Dari Ibu Rosida : Mengapa orang Kristen tidak ada larangan untuk memakan hewan? 
Jawab : Yesus berfirman bahwa Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman. Makan atau tidak makan sesuatu, tidak mempengaruhi keselamatan dan kerohanian kita. Jadi tidak ada larangan makan hewan. Namun, kita juga harus mengikuti nasihat dokter agar tubuh kita tetap sehat
  • Dari Bpk Herman : Apakah yang diajarkan pendeta melalui khotbah adalah dari suara Tuhan?
Jawab : Pendeta berkotbah harus mengacu pada ajaran Tuhan yang tertulis di Alkitab. Memang ada pendeta yang bisa mendengar suara Tuhan berupa pesan Tuhan yang harus disampaikan pada jemaat, tapi pesan itu pasti mengacu pada ayat tertentu di Alkitab, bukan di luar Alkitab.
  • Dari Yoga : Jika kita belum bisa bertobat dari cara hidup yang lama tapi setia ibadah kepada Tuhan, itu bagaimana? 
Jawab : Seseorang yang percaya pada Yesus dengan sungguh-sungguh harus meninggalkan kehidupan lama yang di luar Tuhan. Jika belum bertobat, berarti masih belum beriman sungguh-sungguh. Bertobatlah agar imanmu semakin bertumbuh dan hidupmu berbuah dalam Tuhan
  • Dari Lita : Baru percaya dan belum dibaptis, apakah Tuhan menerima saya? 
Jawab : Puji Tuhan jika kamu sudah percaya pada Yesus. Dia pasti sudah menerimamu. Untuk menyatakan imanmu yang sungguh-sungguh pada Yesus, segeralah dibaptis, jangan ragu-ragu.
  • Dari Udin : Bagaimana memahami larangan menyebut nama Yesus itu dengan nama Allah?
Jawab : Tidak ada larangan seperti itu, karena Yesus adalah Allah, tertulis dalam Yohanes 1:1
  • Dari NN : Apa yang membedakan kasih anugrah dan kasih karunia? 
Jawab : Kedua istilah itu sama. Ketika percaya pada Yesus, kita diberi anugrah atau karunia keselamatan kekal karena kasih Allah
  • Dari Bpk Alex : Doakan buat kesehatan.
  • Ibu Markus : Doakan kesehatan kami dan anak-anak di Yogya