Sadar dan Berjaga-jaga

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 3 Desember 2014 pk 19-21
Renungan kak Yahya Wangsajaya "Sadar dan Berjaga-jaga" 
Pendamping Indra Sinurat, Yohannes Lie, dan Yefta Khohar


“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” (1 Pet 5:80

Firman Allah menyatakan bahwa musuh manusia adalah iblis. Dia mengincar anak-anak Tuhan lewat jebakan-jebakan dosa dan keinginan dunia ini, yaitu keinginan mata dan kenikmatan dosa untuk memuaskan kedagingan, maupun lewat obat-obat terlarang dan lainnya. Pada akhirnya itu akan membuat manusia menjauh dari Tuhan dan kehilangan janji anugrah keselamatan.

Ada beberapa panduan atau pedoman hidup agar kita selalu dalam keadaan waspada dan berjaga-jaga, antara lain :
  1. Kita harus selalu bergaul dengan Firman Tuhan. “Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. (Maz 1:2-3).
  2. Kita harus hidup dalam pujian dan syukur kepada Tuhan. “Bertekunlah dalam doa dan berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.” (Kol 4:2).
  3. Kita hidup dalam tuntunan Roh Kudus. “Semua orang yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah” (Roma 8:14).
  4. Kita harus senantiasa menyenangkan hati Tuhan. “Dan hiduplah didalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mngasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah” (Efe 5:2).
Tuhan Yesus akan datang sebagai Raja di atas segala raja. Saat menunggu kedatanganNya, marilah kita senantiasa saling mengasihi dan menjadi berkat bagi orang lain. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari NN : Apakah hanya dengan Firman Allah kita bisa berubah menjadi baik? Bagaimana mewujudkannya?
Jawab : Firman Allah adalah pedoman bagi manusia agar hidup benar di hadapan Allah dan manusia. Untuk berubah menjadi baik harus didukung juga oleh kesadaran dan kemauan kuat diri sendiri di bawah bimbingan Roh Kudus disertai doa. Untuk newujudkannya kamu harus mulai bertindak dan melakukan perbuatan baik sesuai Firman Allah dalam kehidupanmu sehari-hari
  • Dari Eka : Bagaimana cara mendengar suara Tuhan? 
Jawab : Suara Tuhan bisa didengar melalui pembacaan Firman Allah, mendengar kotbah dan pelajaran Alkitab, membaca buku renungan, nasihat orang lain, melihat kehidupan orang lain, nubuatan atau dari suara nurani kita. Namun ada juga orang yang memiliki karunia mendengar langsung suara Tuhan. Itu adalah karunia pemberian Allah yang diberikan pada mereka yang dikehendaki Tuhan.
  • Dari Selfie : Seperti apa contoh hidup yang dipimpin Roh Kudus? Bagaimana mendengar suara Roh Kudus? 
Jawab : Orang yang hidupnya dipimpin Roh Kudus terlihat dari sikapnya yang menjauhi perbuatan dosa, rajin beribadah, memahami Firman Tuhan dengan benar, memiliki iman yang teguh, memiliki karakter seperti Kristus,dan rajin bersaksi memberitakan kabar Injil. Cara mendengar suara Roh Kudus sudah dijelaskan sebelumnya
  • Dari Rudi : Mengapa kita perlu berjaga-jaga untuk kedatangan Tuhan kedua kalinya? Bukankah kita yang percaya Tuhan akan diselamatkan? 
Jawab : Memang benar jika kita percaya pada Yesus pasti selamat. Namun iman percaya manusia mudah melemah. Ketika tidak berjaga-jaga dan lengah lalu pencobaan datang, seseorang bisa terjatuh, meninggalkan imannya dan menjadi murtad. Akibatnya anugrah keselamatannya hilang dan binasa. Karena itulah, “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” (Mat. 26:41)
  • Dari Rian : Dalam berjaga-jaga untuk kedatangan Tuhan, apa saja yang harus dilakukan?
Jawab : Dengan menjalani hidupmu sesuai ajaran Tuhan Yesus, memelihara imanmu, dan dekatlah selalu pada Tuhan.
  • Dari ibu Ira : Dalam Firman Allah tertulis, “Beranak cuculah dan bertambah banyak” tapi mengapa saya belum punya keturunan? Apakah ada masalah dalam hidup saya? Doakan.
Jawab : Sebenarnya ayat itu menyatakan bahwa umat manusia secara umum diberi anugerah untuk memiliki keturunan. Dan hal itu terbukti dengan banyaknya umat manusia di bumi ini. Namun tubuh manusia itu terkadang tidak sempurna,sehingga ada hal-hal yang tidak berjalan dengan baik seperti timbulnya kesulitan mendapatkan keturunan. Berdoalah senantiasa pada Tuhan dan jagalah kesehatan ibu. Janganlah berputus harapan pada Tuhan. Yakinlah suatu ketika Tuhan akan mengaruniakan anak pada ibu.
  • Dari Juli : Bagaimana menuju puncak kesuksesan bersama Tuhan?
Jawab : Dengan bertindak penuh iman dan hikmat sesuai rencana Tuhan
  • Dari Jonas : Sebagai jiwa muda, bagaimana mengeksplor talenta kita?
Jawab : Talenta dapat dikembangkan jika dikerjakan dengan serius dan penuh sukacita bersama Tuhan. Kerjakan talentamu maka talentamu itu akan semakin sempurna
  • Dari NN : Pemuda sering kali putus asa. Hidup tidak ada rasanya. Bagaimana agar kita tetap kuat?
Jawab : Pemuda yang kuat adalah pemuda yang berani menghadapi masalah bersama Tuhan, tidak terpuruk dengan keputus-asaan dan kekecewaan. Tidak hidup dalam kenangan masa lalu tapi mempunyai visi ke depan yang penuh harapan. Karena itu bangkitlah, erjuanglah untuk meraih masa depanmu yang gilang gemilang bersama Tuhan.
  • Dari ibu WN : Menunggu 5 tahun untuk dapat momongan, namun setelah dapat, ketika berusia 2 tahun anak tersebut dipanggil Tuhan. Apakah itu kehendak Tuhan?
Jawab : Kami turut bersedih atas penderitaan ibu. Namun yakinlah hal itu terjadi bukan karena kehendak Tuhan. Pada saat ini anak ibu sedang berbahagia di dalam pelukan Tuhan. Tuhan akan memelihara anak ibu dengan penuh kasih sayang di sorga. Tetaplah beriman pada Yesus agar kelak ibu pun dapat berjumpa lagi dengannya di sorga dalam sukacita besar.
  • Dari Reno di Kedaton : Bingung mengatasi hidup dan tidak tenang, apa yang harus dilakukan?
Jawab : Perasaan bingung dan tidak tenang tidak membuat hidupmu menjadi lebih baik. Bertindaklah dan atasi masalahmu bersama dengan Tuhan maka kamu akan menjalani hidup yang lebih baik.
  • Dari Risa di Sukarame : Tuhan itu baik. Terimakasih buat kak Yefta yang sudah banyak membantu.
  • Dari Maria : Doakan saya agar suami mau mendekatkan diri kepada Tuhan.
  • Dari bpk Ingot : Apakah kita yang tidak taat perintah Tuhan akan diselamatkan? Bagaimana agar ibadah kita layak di hadapan Tuhan?
Jawab : Salah satu bentuk iman kepada Tuhan adalah taat kepada perintahNya. Jika tidak taat, berarti tidak mau mengikuti ajaran Tuhan tapi lebih menuruti keinginan diri sendiri. Selama orang itu terus melawan Tuhan maka dia tidak akan menerima anugerah keselamatan. Agar ibadah layak, beribadahlah dengan serius dengan rasa hormat pada Tuhan.
  • Dari Rosa di Gedong Aer : Doakan anak-anak yang PKL di Batam. Mereka mengalami kecelakaan, semoga Tuhan dapat pulihkan dan juga buat Akbar Rido yang didiagnosa cacat total.
  • Dari Demos Sembiring : Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengantisipasi iblis?
Jawab : Dengan mengenakan senjata Allah seperti tertulis dalam Efesus 6:14-18, “Berdirilah tegap, berikat-pinggangkan kebenaran dan berbaju-zirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus"
  • Dari NN : Apa arti ayat 1 Pet 4:6? “Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah”
Jawab : Injil disampaikan kepada roh orang mati khusus dan satu-satunya hanya oleh Tuhan Yesus ketika Dia dalam keadaan Roh turun ke dunia orang mati. Jika sekarang ada tren pengajaran penginjilan pada orang mati, ajaran itu tidak benar sebab jika demikian penginjilnya harus mati dulu untuk menginjili mereka. Orang hidup yang belum mengenal Yesus masih banyak. Jadi beritakanlah Injil kepada orang hidup.
  • Dari Marlina : Bagaimana memiliki hati yang bisa mengampuni?
Jawab : Masuklah dalam kamarmu lalu berdoalah untuk orang yang menyakitimu dan katakan pada Tuhan dalam doamu itu bahwa kamu sudah mengampuninya. Mohon kesanggupan dari Tuhan. Maka Roh Kudus akan menghilangkan rasa sakit hati dan kebencianmu.  Ketika itulah kamu akan merasakan kedamaian dari Tuhan
  • Dari Arifin : Doakan kuliah agar diberkati.
  • Dari NN : Apakah perbedaan transgender itu masalah?
Jawab : Ya, perubahan transgender akan menimbulkan masalah sosial.dan hukum
  • Dari Alika di Teluk Betung : Apa solusi menyelesaikan masalah dalam berpacaran?
Jawab : Saling mengasihi, selalu berkomunikasi dan tidak mau menang sendiri
  • Dari Rafika : Boleh tidak dua kali pacaran putus terus lalu cari lagi?
Jawab : Boleh
  • Dari Ester : Berapa macam konflik dalam percintaan?
Jawab : Ada banyak penyebab konflik namun dapat dihindari jika kedua pasangan itu bersikap dewasa
  • Dari Maria : Sudah 2 tahun tidak datang ke gereja, apa saya masih layak? Dimana gereja GPdI yang berada di Lampung Selatan? Saya tinggal di Tarahan. Apakah setiap malam apa ada acara sharing di radio?
Jawab :  Jika masih tetap tidak mau ibadah akan menimbulkan krisis iman. Karena tinggal di Tarahan, kamu bisa ibadah di daerah Panjang di GPdI Filadelphia dekat terminal Panjang masuk gang atau di Teluk Betung di GPdI Agape. Setiap malam ada siaran rohani tapi tidak semuanya dalam bentuk sharing. Samaria Ministri untuk umum sharing setiap jumat malam pukul 19-21 dan Youth Samaria setiap rabu malam juga pada pukul 19-21.
  • Dari Sandy di Sukarame : Orang dijadikan Tuhan dan disembah apakah dia menciptakan langit dan bumi?
Jawab : Orang yang dijadikan Tuhan bukanlah pencipta langit dan bumi dan tidak boleh disembah. Mungkin maksud kamu Yesus yang adalah manusia, kok disembah orang Kristen. Perlu dipahami bahwa Yesus itu bukanlah ciptaan Allah, tapi Dia adalah Allah sendiri yang turun ke dunia dalam wujud manusia. “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran” (Yoh. 1:1, 3,14) Jelaslah Firman yang adalah Allah itu telah menjadi manusia dalam wujud Yesus. Yesus bukanlah manusia yang dijadikan Allah tapi Allah yang datang dalam wujud manusia. Jadi, karena Yesus adalah Allah maka manusia wajib menyembah Dia.
  • Dari Lala : Bagaimana agar ibadah natal youth dapat berjalan lancar?
Jawab : Persiapkan segalanya dengan matang disertai doa kepada Tuhan
  • Dari Linda : Doakan acara natal pemuda GKSBS di Tanjung Karang.
  • Dari Siska : Bagaimana memahami kitab Wahyu?
Jawab : Carilah buku tafsiran kitab Wahyu di toko buku Kristen atau di internet.
  • Dari Eko di Way Halim : Doakan kuliah saya dan kesehatan orangtua.
  • Dari Yonatan : Dalam setiap usaha ada pasang surut. Bagaimana agar tetap konsisten dan berhasil?
Jawab : Berusaha dan bekerjalah dengan tekun, profesional, penuh perhitungan, menghargai pelanggan, memberi pelayanan terbaik, dan selalu berdoa dan berharap pada Tuhan. Ketika usahamu berhasil, berilah persembahan pada Tuhan sebagai ucapan syukur dan juga untuk membantu pekerjaan Tuhan.Tuhan pasti akan semakin memberkati usahamu
  • Dari Tommy di Bandar Jaya : Bagaimana agar kita merasakan kuasa Yesus?
Jawab ; Dengan memiliki iman yang kokoh dan menyerahkan hidup ini sepenuhnya dalam Tuhan.
  • Dari NN : Bagaimana memberikan pengharapan yang pasti? Contohnya seperti apa?
Jawab : Harapan yang pasti adalah jika apa yang diharapkan itu benar-benar terjadi. Jika tidak, itu adalah harapan palsu. Contohnya, Tuhan memberikan kita janji anugerah keselamatan, itu pasti terjadi karena Tuhan tidak pernah berdusta dan Dia adalah kebenaran.
  • Dari Dwi : Ingin lepas dari dunia negatif. Bagaimana caranya? Bantu doa.
Jawab : Dengan komitmen penuh pada diri sendiri dan Tuhan disertai doa lalu bertindaklah menjauhi dunia negatif dan hindari situasi yang bisa membawamu kembali ke hal buruk itu.
  • Dari Nida : Apakah berdosa jika anak tidak ditegor orangtuanya?
Jawab : Jika anak tidak ditegur orangtuanya berarti ada masalah dalam komunikasi. Jika itu terjadi karena saling marah atau karena anak tidak menghormati orangtua, tentu itu berdosa. Perbaiki komunikasimu dengan orangtuamu.
  • Dari Dian di Metro : Doakan pasangan hidup saya dan kesehatan, orang tua.
  • Dari Putra : Sudah beberapa kali pdkt namun gagal, ingin sukses, minta solusinya?
Jawab : Introspeksi dirimu. Mungkin ada masalah dengan dirimu.
  • Dari Petra : Bagaimana caranya agar hubungan dapat berjalan dengan baik?
Jawab : Dengan saling mengasihi, selalu berkomunikasi dan saling penuh perhatian.
  • Dari NN : Apakah yang menyebabkan anak Tuhan murtad?
Jawab : Karena mereka tidak berjaga-jaga terhadap tipu daya iblis dan dosa.
  • Dari Dian : Doakan orangtua agar sampai ke rumah dengan selamat dan kakak yang baru dioperasi, dan pacar saya.
  • Dari Emi : Ketika pacaran ada masalah karna orangtua tidak setuju, apa solusinya?
Jawab : Bicarakan baik-baik dengan orangtuamu.minta jalan keluar dari mereka.
  • Dari Ucok : Sedang pdkt dengan seseorang. Kata teman-teman, wanita itu jomblo, namun dia menulis statusnya berpacaran, Saya harus bagaimana?
Jawab : Tanyakan secara langsung padanya dengan bahasa yang sopan