Allah Merancang Terbaik

Jumat, 17 Oktober 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Allah mempunyai rancangan terbaik 
untuk masa depan orang percaya"
Daud A. Siom

Pendamping :
Daniel Sanger, Yosef Aegeng, Yefta Khohar, 
Dany Salim dan Yahya Wangsajaya


FirmanNya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!” (Yes. 43:18)

     Allah mempunyai rancangan yang terbaik. Apa rancangan itu? Yaitu masa depan penuh harapan, sebab Allah memberikan yang terbaik buat kita. Kita tahu rancangan Allah tak pernah gagal, Allah memberikan kebebasan buat kita. Ada sesuatu yang kita perbuat yaitu meninggalkan dan melupakan masa lalu. Dalam Yes 43:18, ada 2 hal yang kita lakukan, yaitu : meninggalkan masa lalu dan melupakan masa lalu. Kenapa? Karna masa lalu merupakan halangan untuk mencapai masa depan. Misal, (a) isteri Lot menjadi tiang garam karena menoleh ke belakang, karna dia masih mengingat masa lalu dan itu sebabnya dia menjadi tiang garam. (b) Bangsa Israel yang selalu teringat Mesir. Dalam Kel 3:8, “Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.” Allah mernyiapkan masa depan bangsa Israel, namun setiap kali ada proses dari Tuhan, mereka selalu mengingat Mesir. 
     Itu sebabnya kita harus bisa meninggalkan apa yang di belakang kita. Flp 3:13-14, “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.” Paulus meninggalkan masa lalu dan melupakan apa di belakangnya dan mengarahkan diri apa yang dihadapannya dan dia meraih masa depan yang penuh harapan. Jika kita mau mencapai rancangan Tuhan yang terbaik, jadilah orng percaya yang dapat meninggalkan masa lalu. Kita tinggalkan dan jangan ingat-ingat masa lalu karna kita orang-orang yang tinggal di dalam Tuhan.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari ibu Alex di Pesawaran : Doakan bpk Alex sedang sakit infeksi ginjal dan keluarga.
  • Dari Rita : Bagaimana menghindari kejenuhan dalam pelayanan terutama karena perdebatan?
Jawab : Pelayanan harus didasari kasih, baik pada Allah maupun manusia yang dilayani. Jika itu menjadi motivasi kuat dalam pelayanan, tidak akan muncul kejenuhan, apalagi perdebatan. Sama seperti seorang ibu yang amat mencintai anaknya, tanpa jenuh-jenuh dia akan terus melayani anaknya penuh sukacita. Kembalilah pada kasih mula-mula saat berkomitmen mau melayani Tuhan, Dia pasti menyegarkan kembali pelayananmu.
  • Dari ibu Markus di Hanura : Doakan pekerjaan anak-anak dan kesehatan
  • Dari NN : Adakah cara agar tidak saling menjelekkan orang di dalam gereja?
Jawab : Di dalam suatu komunitas terkadang ada orang yang suka menjelek-jelekkan orang lain. Itu menjadi biang masalah. Jangan tanggapi perkataan buruk orang itu, maka dia akan diam dengan sendirinya
  • Dari Andre : Bagaimana agar kita tetap setia dalam pekerjaan yang penghasilannya kecil?
Jawab : Manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika penghasilan kerjanya kecil sehingga tidak mencukupi, carilah pekerjaan lain yang lebih menghasilkan. Untuk itu tingkatkan kemampuanmu melalui pelatihan, kursus ketrampilan, pendidikan, atau pengalaman. Tapi jangan berhenti kerja dulu. Jika sudah mendapat pekerjaan lebih baik, barulah berhenti dari tempat kerja secara baik-baik. Selalu berdoa pada Tuhan.
  • Dari Vera di Bandar Lampung : Doakan pekerjaan saya agar diberkati Tuhan.
  • Dari NN : Bagaimana mengendalikan emosi? Terkadang terjadi karna keinginan tidak tercapai
Jawab : Semua orang pasti kecewa jika keinginannya tidak tercapai. Ada yang marah, stres, atau putus asa, namun ada juga yang makin terpacu meraihnya. Marah, stres, atau putus asa tidak menghasilkan apa-apa, bahkan memperburuk keadaan. Lebih baik berpikir, ‘Kenapa saya gagal mendapatkan keinginan saya?” Lalu siapkan strategi lain untuk mencapainya. Itulah berpikiran positip. Hasilnya pasti lebih memuaskan. 
  • Dari Udin : Ciri-ciri pacaran kudus seperti apa?
Jawab : Pacaran adalah pendekatan diri dari sepasang pria dan wanita sebelum menuju pernikahan agar semakin mengenal pasangan masing-masing. Ketika pacaran, terkadang ada godaan melakukan perbuatan di luar batas. Saling menjaga kesucian diri sebelum pernikahan, itulah pacaran kudus.
  • Dari Dwi di Antasari : Bagaimana menjaga hubungan baik dengan mantan yang satu gereja?
Jawab : Bergaul biasa saja seperti kepada teman lain
  • Dari bpk Siregar : Terima kasih atas senggolannya. Mengapa anak Tuhan diizinkan menderita, bahkan lebih parah dari orang dunia?
Jawab : Penderitaan bisa terjadi pada anak Tuhan atau bukan. Umumnya terjadi akibat situasi dunia atau kesalahan sendiri. Tapi ada juga anak Tuhan yang menderita karena Kristus. Jika bertahan sampai akhir, dia akan menerima upah di sorga yang kebahagiaannya jauh melebihi penderitaan di dunia. Matius 5:10 “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” 
  • Dari Dika : Tingkatan dosa itu apa? Apa yang harus dilakukan?
Jawab : Semua dosa sama tingkatannya dan berakibat pada maut atau kebinasaan kekal. Agar terhindar dari hukuman itu, bertobatlah dari dosamu dan percayalah pada Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatmu maka engkau akan memperoleh hidup kekal di sorga.
  • Dari ibu Gatih: Sebenarnya hari sabat jatuh pada hari apa?
Jawab : Hari sabat bangsa Israel jatuh pada hari sabtu. Orang Kristen beribadah hari minggu untuk memperingati hari kebangkitan Tuhan Yesus yang jatuh pada hari minggu.
  • Dari Desi : Mengapa di dalam ajaran agama Katolik lebih mengajarkan siwo?
Jawab : Kami tidak berkompeten menjawab ajaran Katolik. Silakan tanya pada pastur.
  • Dari NN : Bagaimana seutuhnya mengandalkan Tuhan, karna dasar pendidikan tinggi membuat kita mengandalkan diri sendiri?
Jawab : Pengetahuan, hikmat, dan kecerdasan berasal dari Tuhan. Tuhan tidak melarang menggunakan semua itu. Bahkan dalam bertindak kita harus bersikap rasional. Yang tidak boleh adalah menganggap diri mampu dan hebat karena berpendidikan tinggi. Seorang yang intim dengan Tuhan menyadari kemampuan dirinya berasal dari Tuhan bukan dari dirinya sendiri. Karena itu dia akan semakin rendah hati. 
  • Dari Bambang di Lamtim : Luar biasa Tuhan memakai Samaria Ministri. Jangan lupa Natal 17 Desember di tempat kami. Kapan diadakan seminar sekolah minggu?
Jawab : Terima kasih undangan Natalnya. Seminar guru sekolah minggu akan diadakan tahun depan
  • Dari Yorni Agai : Kubur Yesus di Israel ada berapa? Apakah kubur Yesus ada dua?
Jawab : Terdapat perbedaan dalam menentukan lokasi kubur Yesus. Namun lokasi persisnya dimana tidak penting, sebab Yesus sudah bangkit dan tidak ada lagi di sana.
  • Dari Meli : Apakah memukuli hewan peliharaan itu berdosa?
Jawab : Tergantung tujuan. Jika tujuannya menganiaya, berdosa. Tapi jika untuk mengajar hewan agar tertib, tidak berdosa. Membunuh untuk dimakan, tidak berdosa, tapi jika untuk kesenangan, berdosa
  • Dari Ria : Doakan pernikahan kami di bulan Desember.
  • Dari Romi : Bagaimana cara yang tepat untuk mengubah hidup, terutama perjudian?
Jawab : Berdoa dan berhentilah berjudi serta jauhi tempat perjudian
  • Dari ibu Joni : Doakan pekerjaan suami agar dapat membantu pelayanan.
  • Dari Dini : Doakan cowok yang sedang mendekati saya.
  • Dari Nia : Kenapa anak Tuhan banyak yang jauhin, terutama oleh agama lain?
Jawab : Jangan berprasangka buruk dulu. Mungkin mereka menjauh karena ada masalah dalam sikapmu, bukan karena agamamu. Jika ramah, suka membantu, rendah hati, biasanya banyak teman
  • Dari Jason : Kalau sekolah teologi apakah harus punya bakat terlebih dahulu?
Jawab : Bakat bukanlah syarat masuk sekolah teologi. Itu bisa dikembangkan setelah sekolah.
  • Dari bpk Yohanes : Bagaimana belajar mengoreksi diri agar tidak menyalahkan Tuhan dan hambaNya?
Jawab : Dengan meningkatkan kedewasaan cara berpikir, iman dan karakter
  • Dari bpk Yusuf : Apakah Samaria Ministri menyediakan pelayanan konseling?
Jawab : Kami tidak melayani konseling tapi hanya berbagi kebenaran Firman Tuhan
  • Dari bpk Herman : Apakah nafas hidup orang ditargetkan Tuhan karna banyak dosanya?
Jawab : Napas hidup orang akan berhenti ketika mati. Hukuman kematian terjadi akibat dosa, namun pendeknya usia seseorang tidak terkait dengan banyaknya dosa dia.
  • Dari ibu MK : Jika menerima pendidikan di sekolah, anak lemah berpikir apakah dapat dibantu doa?
Jawab : Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Berdoalah terus agar anak ibu menjadi normal dan cerdas. 
  • Dari Angel di Rajabasa : Doakan kuliah dan kesehatan saya.
  • Dari bpk Rohamin : Apakah belajar Injil harus dimulai dari Perjanjian Lama?
Jawab : Tidak ada keharusan seperti itu, boleh mulai dari kitab mana saja. Namun untuk lebih mudah memahaminya, sebaiknya dimulai dari kitab Perjanjian Baru, khususnya mulai dari Matius.
  • Dari NN : Apakah pendapat bapak terhadap musim panas yang terjadi? Apakah ini murka Allah?
Jawab : Musim panas dan musim hujan adalah siklus alam biasa. Jadi bukan karena murka Allah
  • Dari Rais : Boleh tidak orang Kristen bersumpah? 
Jawab : Sesuai ajaran Tuhan, orang Kristen tidak boleh bersumpah. Matius 5:34a-37, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.”
  • Dari Samuel di Pesawaran : Bagaimana solusi jika ditembak cewek beda agama?
Jawab : Jangan direspon, sebab kelak akan menimbulkan masalah.
  • Dari ibu Maria di Natar : Doakan saya agar tetap bersukacita.
  • Dari ibu Rica : Bagaimana memberi bantuan kepada pendeta muda yang baru merintis?
Jawab : Bantuan bisa diberikan dalam bentuk doa, dukungan moril, fasilitas, atau dana. 
  • Dari Tivira : Bagaimana memaafkan sahabat yang sering menusuk dari belakang?
Jawab : Selidiki alasan dia menghianatimu. Pasti ada penyebabnya. Mungkin dia sakit hati, iri atau kecewa denganmu. Berbicaralah hati ke hati dengannya dengan penuh kasih
  • Dari Saul : Ada berapa pengalaman agar kita dapat bersaksi? Ada yang bilang bersaksi tidak boleh sembarangan dan jangan bersaksi atas hal-hal kecil, saya kecewa sehingga pindah gereja
Jawab : Bersaksi adalah memberitakan kasih Tuhan yang terjadi dalam kehidupan seseorang. Kesaksian harus singkat, menarik dan bermakna. Jika tidak, pendengar merasa terganggu dan bosan
  • Dari ibu Grace ; Bagaimana agar rohani kita semakin naik?
Jawab : Dengan merenungkan dan melakukan Firman Tuhan dalam seluruh kehidupan kita
  • Dari Abe, Doakan usaha dan bisnis saya.
  • Dari ibu Lisa : Bagaimana mengubah karakter anak yang keras?
Jawab : Tidak mudah mengubah karakter seseorang, apalagi jika sudah terbentuk. Umumnya itu terbentuk karena ada anggota keluarga yang bersikap demikian sehingga dia menirunya. Atau karena keinginannya selalu dituruti jika dia marah. Karakter itu bisa berubah melalui doa, teladan, dan kesabaran orang yang mengasihinya. 
  • Dari bpk Rohmat : Ada berapa hukum larangan dalam agama Kristen?
Jawab : Ada banyak sekali. Misalnya jangan menyembah berhala, berzinah, berdusta, membunuh, membalas kejahatan, kuatir, dan lain-lain.
  • Dari bpk Yunus : Apa arti berkat akan tercurah jika kita taat pada Yesus?
Jawab : Jika kita taat dalam melakukan ajaran Tuhan, Dia akan memberkati jasmani dan rohani kita
  • Dari Eva di Pringsewu : Doakan pekerjaan saya dalam melayani.
  • Dari Tia: Bagaimana mendidik anak pemalu dan pendiam, padahal anak ini pintar?
Jawab : Biasanya anak menjadi pemalu dan pendiam karena kurang percaya diri. Pujilah dia saat berani menampilkan kebisaannya agar timbul rasa percaya dirinya
  • Dari bpk Joni di Permata Asri : Doakan adik Dirli yang sedang sakit.
  • Dari Doni : Doakan hubungan saya dengan Ingan.
  • Dari NN : Apakah profesi pendeta sebagai profesi utama?
Jawab : Ya, pendeta adalah profesi utama karena dia harus bekerja sepenuh waktu, bukan sambilan atau asal-asalan, serius dan penuh tanggung-jawab dalam pembinaan rohani jemaat 
  • Dari ibu Lusi : Apa arti salib dalam kehidupan Kristiani?
Jawab : Arti salib adalah kesiapan umat Kristiani menderita demi mengikut Tuhan.
  • Dari Tari di Kemiling : Jika kita pernah melukai teman seiman, bagaimana memulihkannya?
Jawab : Mohon pengampunan Tuhan, akui kesalahanmu setulusnya dan minta maaf pada temanmu, lalu bergaul lagi seperti biasa. 
  • Dari Radit : Jika kita menghadapi ujian dan sudah minta pertolongan Yesus tapi Yesus tidak memberikan pertolongan, apakah saya telah berbuat dosa?
Jawab : Itu tidak terkait dengan dosa tapi karena kurangnya persiapan dan keseriusan belajar. Ubah cara belajar, tingkatkan kerajinan dan keseriusan, maka engkau akan lulus dengan nilai terbaik
  • Dari Novi : Kalau menikah 2 kali karna diceraikan, apa itu berzinah?
Jawab : Ya, benar. Sesuai ajaran Tuhan, itu tindakan berzinah.
  • Dari bpk Abdul : Apakah setan diciptakan bersamaan dengan manusia? Jika manusia diciptakan dari debu tanah, setan dari apa?
Jawab : Allah tidak pernah menciptakan setan. Semula setan adalah malaikat Allah, tapi karena melawan Allah, dia dihukum dan berubah menjadi setan. Manusia diciptakan dari debu tanah, Kej. 2:7, “Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” Penciptaan manusia tidak bersamaan waktunya dengan penciptaan malaikat. Tidak ada penjelasan Alkitab, malaikat diciptakan dari apa.
  • Dari Serli : Apakah kota yang tidak dijangkau pendeta akan menjadi tandus? Doakan kuliah saya
Jawab : Tidak ada ayat yang mendukung pendapat itu
  • Dari Deni di Panjang : Doakan saya yang diangkat menjadi staf tetap di perusahaan.
  • Dari ibu Manalu : Apakah Yesus tidak meninggalkan anakNya yang tidak pernah berubah?
Jawab : Selama kehidupan anak itu belum berakhir, Yesus tetap menantikan pertobatannya
  • Dari bpk Matius : Ukuran ketaatan apakah ditentukan dari absen ibadah?
Jawab : Ya, salah satu ukuran ketaatan pada Tuhan adalah rajin ibadah
  • Dari bpk Tomas : Mengapa beberapa anak Tuhan dipukul lalu balas memukul?
Jawab : Karena mereka belum mampu menerapkan hukum kasih yang diajarkan Tuhan dalam kehidupan mereka
  • Dari Mas Gino : Jika kita berdoa tapi tidak biasa membaca Firman, apakah itu berdosa di mata Yesus?
Jawab : Tanda orang yang sungguh-sungguh mencintai Tuhan adalah senang membaca FirmanNya. Jika tidak suka, berarti belum mengasihi Tuhan dan FirmanNya dengan sungguh-sungguh. Jadi itu bukanlah soal apakah berdosa atau tidak, tapi soal apakah sungguh-sungguh mengasihi FirmanNya atau tidak. 
  • Dari Jesica : Apakah perbedaan merk gereja itu tidak menjadi penghambat dalam hubungan suami isteri?
Jawab : Ya, bisa mengurangi kemesraan suami istri. Bayangkan suami beribadah di gereja A, istri di gereja B. Menyedihkan, bukan? Seharusnya suami istri berada dalam satu gereja karena mereka bukan lagi dua melainkan menjadi satu. Salah satu harus mengalah agar tidak terjadi pertengkaran.
  • Dari Yunita Sari : Doakan kuliah saya dan orangtua.
  • Dari Doni : Doakan pekerjaan saya