Tanggungjawab Anak Terhadap Orangtua

Siaran Youth Samaria Ministri, Rabu 17 September 2014 pk 19-21
Renungan Yosef Ageng Laseno "Tanggungjawab Anak Terhadap Orangtua"
Pendamping Yefta Khohar, Indra Sinurat, dan Yahya Wangsajaya


“Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu -- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. (Efe. 6:1-3)

"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan." (Kol. 3:20)

     Apa yang anda lakukan jika orangtua sudah berusia lanjut? Membiarkan mereka sendiri, mengajak mereka tinggal bersama keluarga anda, atau menitipkan mereka di panti jompo? Dalam suatu koran ada pernyataan putusnya hubungan antara orangtua dan anak. Apakah ini menunjukkan kelalaian orangtua terhadap anak atau anak terhadap orangtua? Mengapa hal tersebut terjadi? Sebagai anak, kita mempunyai tanggung jawab terhadap orang tua seperti tertulis dalam ayat pokok di atas. Sampai sejauh mana kita sebagai anak melakukan kewajiban terhadap orangtua? Orangtua juga membutuhkan perhatian dari anaknya. Pada kasus tertentu, ada anak yang tidak bersedia menempatkan orangtuanya di panti, meskipun mereka tidak bisa memberikan perhatian pada orangtua. Mereka merasa malu jika menempatkan orangtua di tempat tersebut. Dalam kehidupan keluarga selalu ada persoalan menyangkut relasi suami dan isteri, anak dan orangtua. Ketaatan anak terhadap orangtua berdasarkan pemahaman sebagai berikut : (a) Orang tua adalah wakil Allah dalam mendidik anak. “Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.” (Ams 1:8-9) dan (b)  Orangtua mempunyai keterbatasan sehingga mereka pun dapat berbuat salah. Orangtua mengasihi anaknya maka anak wajib menghormati orangtuanya. Ketika orangtua makin lanjut usia, anak pun makin besar tanggung-jawabnya merawat orangtua. Sebagai anak, marilah kita bertanggung-jawab pada orangtua yang sudah membesarkan dan mendidik kita.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari Iin : Apa ciri-ciri pemuda Kristen?
Jawab : Rajin ibadah, hidup sesuai karakter Kristus, rajin dalam pelayanan, dan menjauhi dosa
  • Dari Ito di Pahoman : Apa yang harus dilakukan terhadap orangtua kalau kita sudah bekerja?
Jawab : Bekerjalah dengan rajin, jujur dan penuh tanggung-jawab. Orangtuamu akan bangga jika engkau berhasil dalam kariermu. Sesekali berikan sebagian hasil kerjamu untuk orangtua, baik berupa hadiah atau uang, mereka akan merasa senang sekali
  • Dari Juni di Kedaton : Sebagai anak tanggung jawab apa yang kita berikan terhadap orangtua?
Jawab : Mengasihi, taat, dan menghormati orangtuamu. Jagalah juga kehormatan mereka dengan hidup benar dan takut pada Tuhan. Tunjukkan bahwa engkau anak yang berbakti pada orangtua dan Tuhan
  • Dari Yonas di Tanjung Gading : Ketika kita menikah apakah biaya pernikahan tanggung jawab orang tua?
Jawab : Ya, sebenarnya itu merupakan tanggung jawab orangtua. Tapi jika orangtuamu sedang kesulitan ekonomi sedangkan engkau mampu, sebaiknya biayailah sendiri pernikahanmu, atau bersama-sama orangtuamu menanggung biaya itu. 
  • Dari Reno : Saat menikah wali kita adalah orangtua, tapi jika kedua orangtua sudah meninggal, apakah bisa digantikan?
Jawab : Ya, bisa. Mintalah keluarga terdekatmu menjadi wali
  • Dari Septo di Panjang : Boleh tidak menikah dengan seorang janda muda?
Jawab : Jika dia janda ditinggal mati suaminya, boleh. Tapi jika dia janda cerai, tidak boleh, karena menurut Firman Tuhan tindakan itu berzinah
  • Dari Reni di Rajabasa : Bila sudah menikah apakah orangtua boleh ikut campur dalam urusan keluarga kita?
Jawab : Tergantung situasi. Jika masalah biasa, tidak perlu melibatkan orangtua, cukuplah minta nasihat saja. Namun jika masalahnya amat kritis, misalnya keluarga itu menghadapi kesulitan ekonomi parah, orangtua boleh ikut campur memberi bantuan dana, atau jika terjadi pertengkaran hebat atau kekerasan dalam rumah tangga hingga hampir bercerai, sebaiknya orangtua diberi tahu. Mungkin mereka bisa memberi jalan keluar. 
  • Dari Rinda : Jika sudah bekerja, bolehkah minta uang pada orangtua saat kehabisan uang?
Jawab : Tentu saja boleh. Tapi berusahalah berhemat agar tidak membebani orangtuamu
  • Dari IN : Kalau sibuk dalam pekerjaan, bolehkah orangtua dititipkan di panti?
Jawab : Usahakan jangan menitip mereka di panti karena mereka akan merasa sedih. Bicarakan dengan keluargamu yang lain untuk mencari jalan keluarnya. Tapi kalau tidak ada jalan lain, engkau boleh menitipkan di panti daripada mereka tidak terurus di rumah karena tidak ada yang menjaga. Tapi seringlah menjenguk mereka.
  • Dari NN : Papa perokok dan saya mengikutnya, ketika ditegor, saya bilang papa juga merokok kenapa melarang saya. Saya berdosa tidak mejawab seperti itu?
Jawab : Jangan melawan orangtuamu, karena itu perbuatan dosa. Papamu menegur karena menyadari rokok itu berbahaya bagi tubuhmu. Untuk apa ikut-ikutan merokok yang akan merusak tubuh dan menghabiskan uang tanpa guna. Berhentilah merokok.
  • Dari PD : Dosa tidak jika kita marah-marah terhadap orangtua?
Jawab : Ya berdosa karena melanggar Firman Tuhan yang memerintahkan anak menghormati orangtua. Jika engkau berbeda pendapat, sampaikan dengan cara yang sopan. Jika orangtuamu tidak mau menerimanya, janganlah memaksa. Mungkin justru engkaulah yang salah
  • Dari Demos Sembiring di PKOR : Apakah arti dari Mahanaim?
Jawab : Arti sebenarnya Mahanaim adalah dua perkemahan, namun terkadang ditafsirkan sebagai “Bala Tentara Allah” sebagaimana tertulis dalam Kej. 32:1-2, “Yakub melanjutkan perjalanannya, lalu bertemulah malaikat-malaikat Allah dengan dia. Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: "Ini bala tentara Allah." Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim.”
  • Dari Anastasia di Natar : Ingin sekali jadi artis dan selalu berdoa kepada Tuhan, apakah Tuhan akan menjawab doa kita?
Jawab : Ya, Tuhan selalu menjawab doa kita. Berdoa dan berusahalah meningkatkan bakat senimu dengan sungguh-sungguh
  • Dari Angel : Anak suka berbohong terhadap orangtua dan teman, apakah bebal?
Jawab : Anak yang suka berbohong memiliki masalah dalam kejiwaannya. Dia menganggap orang lain tidak tahu kebohongannya, padahal kebohongan itu pasti akan terungkap. Dengan berbohong, dia merasa aman, padahal saat orang lain tahu dia berbohong, orang tidak lagi percaya padanya walaupun dia berkata jujur. Dia akan menerima dampak buruknya. Jadi pembohong itu memang bebal
  • Dari Ani di Tanjung Bintang : Apa arti keluarga dalam pandangan Kristen?
Jawab : Keluarga Kristen adalah keluarga yang terbentuk karena hubungan pria dan wanita dalam ikatan pernikahan yang dikukuhkan dan diberkati Tuhan melalui pendeta di gereja. Keluarga itu semakin besar ketika mereka dikaruniai Tuhan anak-anak. Pernikahan Kristen monogami dan tidak boleh bercerai. Saling setia sampai maut memisahkan mereka.
  • Dari Teresia : Ada pribahasa, kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang jalan, tapi kenapa sekarang tidak ada ibu seperti peribahasa tersebut, apa yang melatarbelakangi mereka melakukan itu?
Jawab : Pendapat itu tidak sepenuhnya benar sebab sebagian besar ibu amat mengasihi anaknya. Hanya segelintir ibu yang tidak mengasihi anaknya. Penyebabnya macam-macam. Ada yang menolak anaknya karena itu hasil perkosaan dan si ibu menderita trauma hebat. Ada yang melahirkan di luar nikah, takut ketahuan, sehingga membuang atau membunuh anaknya. Ada yang karena kesulitan hidup sehingga si ibu memberi anaknya ke keluarga lain, mengirim ke panti asuhan, atau bahkan meracun anaknya. Ada juga yang menolak karena anaknya lahir cacat. Namun sebetulnya dalam hati mereka pasti ada rasa penyesalan yang akan terus mengikuti mereka 
  • Dari NN, Benar tidak kalau belum dibaptis, semua dosa kita masih ditanggung orangtua kita?
Jawab : Pendapat itu tidak benar karena tidak berdasarkan Firman Tuhan
  • Dari NN : Apa yang menyebabkan pemuda pacaran tidak disetujui orangtua?
Jawab : Umumnya penolakan orangtua terjadi karena mereka menganggap (a) anaknya belum dewasa, (b) beda agama, (c) pacar tidak sesuai dengan anaknya, (d) perilaku dan karakter si pacar tidak baik, (e) karena pacar berasal dari keluarga kurang baik
  • Dari NN : Apa yang dimaksud ujian pacaran dalam Kristen?
Jawab : Dalam ajaran Kristen tidak ada ujian pacaran
  • Dari NN : Bagaimana menjalani hubungan yang tidak direstui?
Jawab : Sebaiknya jangan diteruskan karena akan menyakiti banyak pihak
  • Dari Alvin : Bagaimana kalau kita dijebak dengan orang tidak seiman dikurung di ruangan berdua dan dipaksa menikah walaupun tidak melakukan apa-apa?
Jawab : Mengapa anda bisa dikurung di ruangan berdua? Walau pun kalian tidak berbuat apa-apa, orang sulit percaya. Apalagi mereka memang bertujuan menjebak anda, berarti anda memang sering berduaan di situ. Inilah akibatnya. Jika anda tidak bersedia, mereka tidak bisa memaksa anda. Jika anda diancam, laporkan pada yang berwajib. Bicarakan masalah ini dengan orangtuamu agar mereka bisa mencari jalan keluar terbaik 
  • Dari Ucok ; Doakan saya. Bagaimana menjadi pelaku keadilan di tengah gereja?
Jawab : Arti pelaku keadilan tidak jelas. Kami tidak bisa mengomentarinya
  • Dari Darius : Apa yang dimaksud dengan cinta yang digantung? 
Jawab : Mungkin maksudnya adalah cinta yang masih bimbang antara mau dan tidak.
  • Dari Vivi : Bagaimana menjalankan hubungan backstreet?
Jawab : Sebagai anak terang, janganlah menjalani hubungan cinta backstreet atau sembunyi-sembunyi dari pantauan orangtua. Mengapa engkau menipu orangtuamu padahal mereka amat mencintaimu? Hindarilah hubungan ini karena amat rawan dengan tindakan nekat seperti kawin lari atau hamil di luar nikah. Jika itu terjadi pasti kalian akan menyesalinya.
  • Dari Tio : Doakan ibu yang sedang sakit.
  • Dari Ibu Reni : Doakan anak saya agar dapat pekerjaan.
  • Dari Ema : Boleh tidak orangtua ikut campur tangan dalam pasangan?
Jawab : Jika pasangan itu belum menikah tentu saja boleh untuk melindungi anaknya dari pergaulan yang tidak baik
  • Dari Lisa : Bagaimana agar bisa melepas luka hati terhadap seseorang?
Jawab : Ampuni dan doakan dia, lalu lupakan dan segera cari pengganti yang lebih mencintaimu
  • Dari AL : Bagaimana menghadapi lingkungan hiburan malam?
Jawab : Jauhi lingkungan itu dan perkuat imanmu
  • Dari NN : Bagaimana kalau belum dibaptis, apa dalam Kristen harus dibaptis?
Jawab : Jika anda sudah berusia 17 tahun atau lebih, sudah percaya pada Yesus, sebaiknya segera dibaptis karena baptisan adalah bukti nyata dari imanmu. Orang  percaya harus dibaptis
  • Dari Lipus : Saya punya ibu tiri, kalau ada ayah dia baik, kalau tidak ada ayah dia jahat, ketika ayah pergi keluar kota saya dibuang oleh ibu tiri. Saya sudah menceritakan semuanya pada ayah tapi tidak ditanggapi, apa yang harus saya lakukan?
Jawab : Kalau masih punya kakek nenek, tinggallah di rumah mereka. Kalau tidak ada, kamu harus bersabar, berdoa terus, dan jangan melawan. Belajarlah dengan giat, raihlah masa depanmu bersama Tuhan agar kamu bisa segera hidup mandiri dan berhasil
  • Dari SC : Bagaimana tips menjadi wanita yang bijaksana?
Jawab : Wanita bijak adalah wanita yang takut akan Tuhan, menjaga kehormatan diri, menghormati suami, dapat dipercaya, setia, bertanggung-jawab, selalu berbuat kebajikan, rajin bekerja, dan mengurus suami, anak dan rumah tangganya dengan baik,  Bacalah Amsal 31:10-31 dan Titus 2:3-5
  • Dari Monik : Bekerja sebagai SPG banyak godaan, bagaimana agar saya kuat? Haruskah saya keluar dari pekerjaan ini?
Jawab : Seorang SPG (Sales Promotion Girl) dituntut perusahaan untuk membujuk orang agar membeli produknya. Untuk itu dia harus tampil cantik dengan pakaian menggoda. Akibatnya banyak pria iseng berusaha menggoda. Carilah pekerjaan lain yang lebih memerlukan keahlianmu bukan tampilan fisikmu, maka engkau akan menjadi wanita yang dihargai orang. Berdoalah pada Tuhan dan asahlah kemampuan intelektualmu.
  • Dari NN : Pantas tidak seorang mantan bandar narkoba menjadi song leader?
Jawab : Kalau dia sudah sungguh-sungguh bertobat, tentu saja bisa. Namun bila dia menjadi batu sandungan bagi jemaat, bicarakan itu baik-baik dengan pimpinan gerejamu
  • Dari Ari : Doakan kesehatan dan kuliah saya
  • Dari Iva : Cinta itu apa?
Jawab : Cinta adalah perasaan kasih sayang yang dialami seseorang terhadap yang lain. Misalnya cinta pada Tuhan, orangtua, saudara, teman, pasangan hidup, binatang kesayangan, dan lain-lain. Perasaan ini dibarengi rasa bahagia jika bertemu dan rindu jika berpisah. 
  • Dari Stefanus : Dari kecil saya hidup di panti, saya kangen orangtua, mengapa saya dibuang?
Jawab : Stefanus, masih banyak yang mengasihimu, teman-teman dan pengasuh di panti, terutama Tuhan yang selalu mengasihi dan mendampingimu di setiap waktu. Jika kangen pada orangtua, berdoalah bagi mereka dan curahkan isi hatimu pada Tuhan, Dia akan menghiburmu. Engkau tidak dibuang, tapi dititipkan di panti asuhan. Mungkin orangtuamu mengalami masalah yang amat berat sehingga mereka terpaksa menitipmu di panti. Tapi percayalah, mereka amat mengasihimu dan juga kangen denganmu. Hati mereka sedih ketika harus menitipmu tapi keadaan memaksa mereka. Tetaplah kuat dalam Tuhan. Berusahalah menjadi orang yang berhasil bersama Tuhan. Jika sudah dewasa, engkau bisa mencari mereka. Tuhan memberkatimu
  • Dari Egar, Apa yang harus dilakukan untuk menarik  perhatian calon mertua?
Jawab : Bersikap sopan dan ramah pada mereka, sudah bekerja dan hidup mandiri, mengasihi calon istrimu, bersikap dewasa, dan bertanggung-jawab. Jangan lupa tetaplah berdoa.
  • Dari Davis : Bagaimana menjadi pemuda yang berhasil?
Jawab : Hidup sesuai ajaran Tuhan, memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan kerja, berpikir kreatif dan rasional, bekerja keras dan disiplin, berusaha meraih prestasi terbaik, dan selalu berdoa. 
  • Dari Markus : Saya sedang menjalani hubungan, sama-sama Kristen namun salah satu dari kami non Protestan, apakah bila menikah bisa diberkati tanpa mengubah status agama?
Jawab : Sebaiknya kalian memilih satu gereja saja. Salah satu harus mengalah. Dengan demikian pernikahan kalian pasti akan diberkati, dan kalian bisa ke gereja bersama-sama tidak sendiri-sendiri. Dimana pun gereja kalian, iman kalian tetap bisa bertumbuh dan menjadi berkat
  • Dari Fatar, Bagaimana kalau pacar mengajak menikah padahal saya belum siap? Dukung doa
Jawab : Mengapa belum siap? Apakah karena belum bekerja ataukah belum serius dan masih bimbang? Pikirkan masalah pasanganmu dan hargai dia. Mungkin dia sudah cukup usia, atau kalian pacaran terlalu lama sehingga menjadi gunjingan. Bicarakan baik-baik dengan pacarmu dan keluarga besarmu.
  • Dari Eva : Bagaimana cara menjalin hubungan agar berjalan dengan baik?
Jawab : Dasari hubungan kalian dengan kasih, saling menghargai, kesetiaan, keterbukaan, jujur, saling percaya, saling mendukung, tidak memaksa kehendak, tidak egois atau mau menang sendiri, tetap mesra, dan sertakan Tuhan dalam hubungan kalian
  • Dari Arman, Terkadang kita tidak bisa mengontrol mata kita, bagaimana cara mengontrolnya?
Jawab : Setiap pria menyukai kecantikan dan umumnya secara spontan tertarik melihat wanita cantik. Yang jadi masalah adalah jika pandangan itu disertai nafsu berahi. Yesus berkata, “Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.” (Mat. 5:28) Karena itu saat melihat seorang wanita, hindari pikiran tidak baik dan segera alihkan pandanganmu
  • Dari Risa : Doakan kesehatan saya
  • Dari Febi : Doakan teman kerja saya, ibu Natalia, yang sakit liver.
  • Dari Rut : Doakan kesehatan dan pekerjaan saya
  • Dari Toro : Cinta sejati seperti apa?
Jawab : Cinta sejati adalah cinta yang dinyatakan dengan usaha membahagiakan orang yang dicintainya dan rela berkorban untuknya. Contoh cinta sejati adalah cinta Yesus bagi umatNya. Yesus ingin membahagiakan kita di sorga dan rela mati demi menyelamatkan kita dari hukuman kekal
  • Dari I : Maut dalam arti Alkitab itu apa?
Jawab : Ada dua pengertian maut, yaitu mati secara jasmani di dunia yaitu terpisahnya roh dari tubuh dan kematian kedua di alam maut ketika manusia mendapat penghukuman kekal di neraka
  • Dari Evi : Boleh tidak wanita ke gereja memakai baju tanpa lengan dan rok di atas lutut?
Jawab : Tujuan kita ke gereja adalah beribadah bukan pamer tubuh. Sebaiknya dihindari karena bisa menjadi batu sandungan bagi jemaat lain. “Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana,” (1 Tim. 2:9a)
  • Dari Devi : Mengapa manusia harus menikah?
Jawab : Manusia tidak harus menikah. Menikah atau tidak adalah pilihan hidup. Manusia menikah karena ingin membentuk keluarga dan melahirkan generasi baru
  • Dari Anto : Dosa tidak kita membaca majalah dewasa?
Jawab : Bila itu majalah porno tentu berdosa, tapi jika itu majalah kesehatan, pengetahuan, atau berita, tentu tidak berdosa.
  • Dari Deni : Pemuda Kristen boleh tidak merokok?
Jawab : Merokok itu membahayakan dan merusak dirimu, tentu saja tidak boleh.
  • Dari Kristin : Bagaimana cara bertobat dengan sungguh-sungguh?
Jawab : Jangan mengulangi dosa itu
  • Dari NN : Bagaimana pandangan Kristen dengan cara hidup mewah?
Jawab : Firman Tuhan mengajarkan agar tidak hidup berlebihan dalam kemewahan demi memuaskan nafsu kedagingan. Lihatlah contoh Lazarus dan orang kaya.
  • Dari Ronal : Bagaimana cara kita menjadi pria idaman?
Jawab : Umumnya wanita mengidamkan pria yang keren, sopan, bersikap dewasa, menyayangi dirinya, setia, mandiri, berprestasi, dan bertanggung-jawab. Jadilah pria seperti itu
  • Dari Meggie : Doakan kesehatan saya yang sedang sakit.
  • Dari Alex : Doakan pelayanan LPKIP.