Orang Samaria yang Murah Hati

Jumat, 05 September 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Orang Samaria Yang Murah Hati” 
Daniel Sanger

Pendamping :
Yohannes Lie dan Yefta Khohar


“Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?" Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup." (Luk. 10:25-28) 

     Hukum Tuhan bisa dirangkum menjadi dua yaitu, "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Mat. 22:37, 39) Jawaban ahli Taurat itu benar. Namun untuk membenarkan diri, dia bertanya, “Siapakah sesamamu manusia itu?” karna orang Israel, terutama para pemimpin rohaninya, suka memilih-milih orang. Oleh karna itu Yesus memakai perumpamaan tentang orang Samaria yang murah hati. Ada seorang Israel berjalan dari Yerusalem ke Yerikho, lalu dirampok. Seorang imam dan seorang Lewi melewatinya namun tidak menolong. Datang seorang Samaria yang tidak bergaul dengan orang Yahudi. Namun ketika melihat orang yang dirampok itu, dia menolongnya. Imam berperan sangat penting dalam peribadahan. Orang Lewi adalah salah satu suku Israel yang bertugas melayani Tuhan di bait Allah. Namun mereka tidak memiliki belas kasihan dan tidak mau menolong. Sebaliknya orang Samaria yang dianggap orang non-Israel justru memiliki belas kasihan. Setelah menyampaikan perumpamaan itu, Yesus bertanya pada ahli Taurat itu, “Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?" Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!" (Luk. 10:36-37)
     Ketika Yesus datang di dunia ini, Dia sudah melakukan pekerjaanNya yaitu menggenapi hukum Taurat. Setiap orang percaya harus mengasihi Tuhan dan melakukan perintahNya, salah satunya adalah mengasihi. Tidak boleh membedakan warna kulit, ras, suku, agama dan golongan. Di hadapan Tuhan semua manusia sama. Berbuat baik adalah perintah Tuhan yang harus dilakukan dalam kehidupan kita. Kasih seperti inilah yang harus kita bangun, Tuhan mengajarkan kebaikan. Jangan pernah malu melakukan perintah Tuhan untuk mengasihi. Dengan perbuatan kita yang baik, maka nama Tuhan dipermuliakan. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline :
  • Dari ibu Lexfi : Doakan usaha salon agar lancar dan juga pembangunan gereja kami
  • Dari bpk. Lukman : Tujuan kita punya agama untuk apa? Punya isteri untuk apa? Kenapa orang Kristen tidak boleh beristeri dua? Ayatnya dimana? 
Jawab : Agama bertujuan membawa ketertiban dalam kehidupan. Tapi jauh lebih penting dari sekedar masuk agama adalah percaya pada Yesus agar memperoleh keselamatan kekal di sorga, karena agama tidak menjamin hal itu. Istri adalah pendamping suami dalam berkeluarga dan memiliki keturunan. Orang Kristen tidak boleh beristri lebih dari satu karena itu melanggar perintah Tuhan dan merupakan dosa perzinahan.  Dalam Lukas 16:18, tertulis, “Setiap orang yang menceraikan isterinya, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah; dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zinah." Sudah bercerai dan menikah lagi dengan orang lain dipandang berzinah, apa lagi ketika masih beristri lalu menikah lagi dengan orang lain.  
  • Dari Desi : Bagaimana menilai bahwa seseorang itu kudus?
Jawab : Dapat dinilai dari buah-buah kehidupannya sehari-hari
  • Dari bpk. Rohmat : Yesus berdoa kepada siapa?
Jawab : Yesus berdoa kepada Allah Bapa
  • Dari Dini : Bagaimana cara berpindah kepercayaan?
Jawab : Jika anda percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat anda, datanglah ke salah satu gereja, temui pendetanya dan belajarlah lebih jauh tentang iman kepada Yesus. Setelah itu mintalah dibaptis. 
  • Dari Ardi : Siapa sebenarnya yang mengubah hidup kita, Tuhan atau orangtua?
Jawab : Hidup kita dipengaruhi banyak hal, yaitu Tuhan, orangtua, keluarga, guru, rohaniwan, teman, lingkungan sekitar, tempat kerja, situasi dunia, informasi, iblis dan keinginan hati sendiri. Namun jika kita membuka diri pada bimbingan Tuhan melalui Roh Kudus, maka Dialah yang akan mengubah hidup kita menuju kebenaran Tuhan. 
  • Dari bpk. Alex : Doakan agar sehat dan keluarga agar diberkati.
  • Dari Ratna : Apa yang dimaksud dengan panggilan surgawi?
Jawab : Yaitu panggilan untuk menerima kehidupan kekal dan panggilan untuk melayani Tuhan
  • Dari Aria : Bagaimana melayani Tuhan meskipun ibadah kecil, meskipun tidak bisa nyanyi, tidak bisa main musik dan tidak bisa bawa kendaraan?
Jawab : Layanilah Tuhan dengan talenta yang engkau miliki. Jika ingin melayani dalam menyanyi, berlatih vokal, melayani dalam musik, belajar main alat musik, membawa kendaraan, belajarlah menyetir. Demikian juga dengan pelayanan lainnya. Jika engkau sungguh-sungguh ingin melayani, pasti Tuhan membuka jalan. 
  • Dari bpk. Budiono : Mengucap syukur atas berkat yang Tuhan berikan, karna saya memiliki ternak ayam, doakan karna musim ini hasilnya kurang baik.
  • Dari Hendra di Way Halim : Ketaatan kepada Tuhan itu seperti apa? Apa bedanya taat dan patuh?
Jawab : Taat pada Tuhan adalah melakukan dengan setia perintah Tuhan. Taat dan patuh sama artinya
  • Dari Demos Sembiring : Bagaimana sikap kita agar tidak mudah menyerah dalam hidup?
Jawab : Bertahanlah dalam ujian dan cobaan, setialah dalam komitmen, teguhlah dalam iman dan tetaplah berdoa.
  • Dari Risa : Doakan orang yang saya cintai seorang hamba Tuhan, agar membuka hatinya.
  • Dari Veronika : Orang yang sudah meninggal boleh tidak ketika ulang tahunnya dirayakan dan didoakan di makamnya?
Jawab : Tidak usah merayakan ulang tahun orang yang sudah meninggal sebab dia tidak bisa merasakannya lagi. Cukuplah mengenang dirinya saja. Mendoakan dia juga hanya tindakan sia-sia saja
  • Dari NN : Layakkah saya melayani Tuhan tapi tidak kudus? Dulu saya wanita panggilan
Jawab : Dalam Yohanes  8:3-11 dikisahkan seorang wanita berzinah yang dibawa kepada Yesus. Orang Yahudi ingin Yesus menghukum wanita itu. Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang." (ayat 11) Wanita itu kemudian bertobat dan  ikut melayani Tuhan. Jika anda bertobat dan mohon pengampunan Tuhan serta tidak melakukannya lagi, Tuhan juga mengampuni dan melayakkan anda melayaniNya. Lupakan masa lalu dan pandanglah masa depan penuh harapan bersama Yesus. Jika ada yang mengungkit masa lalu anda, terimalah penuh kerelaan dan jangan membuat anda menjauh dari Tuhan. Tetap tegar dalam pelayanan anda. 
  • Dari Hari : Makanan apa yang diharamkan umat Kristen?
Jawab : “Supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.” (Kisah 15:20) Itulah makanan yang dilarang.
  • Dari R : Boleh tidak seseorang mengubah gendernya?
Jawab : Mengubah gender adalah mengubah jenis kelamin pria menjadi wanita, atau wanita menjadi pria. Allah menciptakan laki-laki dan perempuan. “Menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya” (Kej. 1:27) Mengubah jenis kelamin melawan kodrat itu. Lagipula operasi mengubah gender tidak membuat seseorang menjadi wanita atau pria sejati. Jadi tidak boleh dilakukan
  • Dari ibu Sartika di Gunung Pasir : Kenapa saya selalu sakit-sakitan? Apa karna saya berdosa?
Jawab : Ibu sakit karena ada bagian tubuh yang terganggu kesehatannya. Akibat perbuatan dosa terkadang bisa menimbulkan penyakit, misalnya suka berzinah terkena penyakit kelamin, suka mabuk terkana penyakit hati. Namun tidak selalu demikian. Ada yang terkena penyakit karena faktor keturunan, faktor usia, salah makan, bekerja berlebihan, terkena virus atau kuman, stres, dan lain-lain
  • Dari NN : Bagaimana cara kita menanggapi permasalahan dengan orang lain tanpa bertengkar?
Jawab : Bicarakan baik-baik permasalahan itu dan ambil solusi yang sama-sama disetujui
  • Dari Indra : Doakan sahabat saya agar bisa merespon cewek yang suka padanya.
  • Dari Putra : Doakan kesehatan dan usaha.
  • Dari NN : Hamba Tuhan yang merokok dan minum anggur sampai mabuk, apa layak menjadi hamba Tuhan?
Jawab : Tidak semua gereja melarang merokok. Ada yang melarang, ada yang tidak. Namun mabuk-mabukan tentu tidak diperbolehkan. Jika ada hamba Tuhan seperti itu harus diingatkan. Masalah layak atau tidak, bukan urusan kita tapi urusan Tuhan karena dia hamba Tuhan bukan hamba kita.
  • Dari Andrian : Doakan kakak dan sahabat agar mendapat pasangan hidup.
  • Dari ibu Sartika : Gunung Pasir itu di Lampung Timur.
  • Dari Adi : Kalau orang Kristen tidak pernah beribadah, berdosa tidak?
Jawab : Ya, tidak beribadah tentu berdosa karena Firman Tuhan menulis, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibr.10:25)
  • Dari Pras : Doakan untuk kami sekeluarga, walaupun saya dan ayah saja yang percaya Yesus.
  • Dari Rita : Doakan pekerjaan dan kuliah supaya berhasil
  • Dari Ucok : Bagaimana agar kita dapat memberi meskipun hidup kita sulit?
Jawab : Berhematlah dan tabunglah uangmu sedikit demi sedikit lalu berikan itu pada orang yang membutuhkan. Lakukan itu semata-mata karena Tuhan, maka anda akan diberkati
  • Dari bpk. David : Apakah orang Kristen boleh meyakini sesuatu, misalnya batu?
Jawab : Tidak boleh, karena kita hanya boleh meyakini Tuhan saja
  • Dari seorang ibu : Apa yang menyebabkan anak melawan orangtua?
Jawab : Ada banyak faktor, antara lain karena anak tidak setuju dengan tindakan orangtua, sedang asyik melakukan kesenangannya, menganggap orangtua sudah ketinggalan zaman, dimanja dan selalu dituruti kemauannya, atau karena belum menyadari kesalahannya. Untuk mengatasinya, berdoalah selalu agar Tuhan mengubah karakter anak itu, berikan pengertian dengan penuh kasih, bersahabatlah dengan dia, pahamilah masalah yang dihadapinya, dan kedua orangtua harus satu suara dan bersikap tegas tapi lembut. 
  • Dari ibu Markus : Doakan kesehatan dan semakin setia pada Tuhan. juga anak dalam pekerjaan.
  • Dari NN : Mengapa kita harus memuji Tuhan dengan bernyanyi dan berdoa? Kenapa kita tidak boleh menikah beda agama?
Jawab : Karena menyanyi dan berdoa merupakan ekspresi terindah saat menyembah dan memuji Tuhan. Kita juga dapat memuliakan Tuhan dengan perbuatan dan harta kita. Tidak boleh menikah beda agama karena dilarang oleh Firman Tuhan.
  • Dari Eva : Doakan sepupu yang akan melaksanakan pemberkatan nikah dan pinggang saya yang sering sakit.
  • Dari NN : Boleh tidak bersaksi dengan cara berbohong atau berdusta?
Jawan : Tentu saja tidak boleh karena itu melanggar perintah Tuhan, “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.” (Mat.5:37)
  • Dari Juni : Apa yang dimaksud dengan penderitaan selama 1000 hari?
Jawab : 1000 hari berarti 3,5 tahun. Itu adalah waktu penganiayaan oleh antikris
  • Dari Angel : Bagaimana belajar mengasihi orang yang dulu disayangi dan sekarang menjauh?
Jawab : Doakan dan maafkan dia jika dia menajuhimu. Carilah pengganti yang mengasihimu.
  • Dari NN : Bagaimana membuat hidup ini berarti di mata Tuhan dan hal apa yang harus dilakukan?
Jawab : Turutlah segala perintah Tuhan dan layani Dia dan sesama dengan penuh kasih maka hidupmu berarti di mata Tuhan dan sesama
  • Dari Rut : Apakah orang Kristen harus berdoa setiap hari?
Jawab : Ya, benar. Bahkan harus senantiasa berdoa dan berkomunikasi dengan Tuhan
  • Dari Tio : Apa yang membuat kita terkadang merasa takut terhadap dosa yang pernah kita perbuat? Apakah Tuhan sudah mengampuni dosa saya?
Jawab : Iblis mengintimidasi manusia dengan selalu mengingatkan dosa mereka agar merasa tidak layak datang pada Tuhan. Jika anda sudah bertobat dan mohon ampun pada Tuhan dan tidak melakukannya lagi, Tuhan mengampuni dosamu. Lupakan masa lalumu itu dan pandanglah ke masa depan penuh kebahagiaan bersama Tuhan
  • Dari Desi : Bagaimana caranya agar kita kuat dalam pelayanan?
Jawab :Landasi pelayananmu dengan kasih kepada Tuhan dan sesama disertai doa 
  • Dari Tomas : Apa yang perlu kita ketahui ketika mengadakan penginjilan di tempat rawan?
Jawab : Hindari konflik karena sangat berbahaya. Mohon hikmat dan perlindungan Tuhan, bertindak arif dan kenali budaya mereka
  • Dari Agnes : Doakan kuliah agar lancar dan orang tua dipermudah berkatnya.
  • Dari Kristianto : Apa arti dari belenggu?
Jawab : Belenggu atau borgol adalah alat untuk mengikat seseorang sehingga tidak bisa melepaskan diri. Iblis selalu membelenggu umat manusia dengan dosa. Sulit melepaskan ikatan belenggu kuasa kegelapan. Belenggu dosa itu hanya bisa dilepaskan oleh Tuhan Yesus
  • Dari Ratih : Apakah rasa kuatir tidak boleh bagi anak Tuhan?
Jawab : Rasa kuatir selalu muncul di hati siapa pun saat menghadapi masalah. Yang tidak boleh adalah jika rasa kuatir itu amat menguasai diri kita sehingga kita meragukan pertolongan Tuhan. “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Pet. 5:7)
  • Dari Rais : Dalam hidup rohani, apa pokok utama yang harus kita pegang?
Jawab : Pokok utama hidup rohani kita adalah beriman kepada Tuhan Yesus dan melakukan kehendakNya
  • Dari Merlin di Tanjung Karang : Ada berapa cara masuk kerajaan Allah?
Jawab : Hanya ada satu cara yaitu melalui Tuhan Yesus. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yoh. 14:6)
  • Dari Udin : Roh intimidasi itu apa dalam hidup sehari-hari?
Jawab : Itu adalah tekanan kuasa kegelapan dan pengikutnya pada orang percaya agar takut, kuatir, dan meninggalkan imannya pada Tuhan. Misalnya pikiran bahwa kita tidak layak datang pada Tuhan, kita pasti gagal melakukan kehendak Tuhan, dan lain-lain
  • Dari Angelia : Kenapa dalam kotbah hanya diambil dari ayat Alkitab? Doakan nenek yang sakit dan orangtua diberi kesehatan.
Jawab : Karena kotbah harus berdasarkan pada ayat Alkitab, bukan yang lain. 
  • Dari Renlin : Apakah jika sudah mati mengalami renkarnasi?
Jawab : Orang yang sudah mati tidak reinkarnasi. “Manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi” (Ibr. 9:270
  • Dari Deni : Apakah orang baik selalu benar di mata Tuhan?
Jawab : Orang baik menurut manusia belum tentu benar di mata Tuhan. Sebab kebaikan manusia seperti kain kotor di mata Tuhan. “Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor’ (Yes. 64:6a) Karena itu manusia tidak diselamatkan karena melakukan kebaikan, tapi hanya karena anugerah Tuhan dengan beriman pada Yesus. "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri." (Efe. 2:8-9) 
  • Dari ibu John : Doakan usaha suami
  • Dari Stevani : Bagaimana membawa pacar percaya kepada Tuhan?
Jawab : Nyatakan imanmu yang teguh pada Tuhan, perkenalkan Yesus padanya, ajaklah beribadah di gereja, dan doakan selalu.