Belajar

Jumat, 14 Pebruari 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Belajar"
Tutu Petrus

Pendamping
Luki Winata, Daniel Sanger, Yosef Aegeng, 
Dany Salim, Yahya Wangsajaya, dan Yohannes Lie


“Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu.” (Ams. 1:8) 
"Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku.” (Ams. 3:1) 

     Ini adalah peringatan kepada anak agar mendengar didikan ayah-ibunya. Semua orang pernah menjadi anak. Banyak kesan baik yang diberikan orangtua saat anak mulai belajar berjalan, berbicara dan berbagai ketrampilan lainnya. Turun temurun diajarkan agar bisa meraih masa depan yang baik. banyak orang berkarakter baik dan santun karena didikan keluarga. Itulah proses pewarisan. Orangtua bertanggung-jawab mendidik anaknya agar menjadi orang berguna, dan berbudi luhur. “Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu.” (Ibr. 13:9) Orang asing adalah orang yang tidak kita kenal. Jangan ikuti ajaran mereka. Ada ajaran asing yang kelihatannya benar tapi menyesatkan. Ikuti ajaran Tuhan Yesus yang menyampaikan ajaran membawa pada keselamatan kekal. 

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline: 
  • Dari ibu Eli : Suami kasih uang kepada keluarganya secara diam-diam. Saya tidak masalah kalau dia terus terang. Apakah saya egois? 
  • Dari NN : Bagaimana hidup dalam penderitaan sama seperti Yesus agar kuat dan menjadi pemenang? 
  • Dari Tiwi di Teluk Betung : Bagaimana bisa tenang kembali ke rumah? Saya diusir papa karena pacaran dengan orang beriman lain. 
  • Dari Robert di Metro : Siapa iblis itu? Mengapa diciptakan Tuhan? 
  • Dari ibu Amei : Bagaimana menyikapi anak buah yang jarang masuk kerja? Dia seiman. 
  • Dari Andre : Bagaimana menunggu cewek yang ditembak tapi tidak kasih jawaban? Dia seiman 
  • Dari ibu Tini di Gn Rajabasa Kalianda : Bagaimana agar diberkati karena tidak pernah ibadah? 
  • Dari Yohana : Tuhan menciptakan pria wanita agar beranak bercucu. Mengapa ada yang tidak mendapat jodoh? 
  • Dari Stevi : Mengapa hari Valentine harus dirayakan? Apa itu keharusan dari gereja? 
  • Dari Tono di Kedaton : Apa perbedaan suci dan kudus? 
  • Dari Ajeng di Gang PU : Mengapa kehidupan orang kristen penuh pencobaan dan diolok-olok orang dunia? Doakan saya 
  • Dari ibu Janet di Bambu Kuning : Saya rindu menegur PSK dan mendoakan mereka 
  • Dari Bejo di Panjang : Apa beda pendeta dan penginjil? 
  • Dari bpk Siregar : Doakan usaha agar diberkati, juga untuk kesehatan saya, istri dan anak 
  • Dari Erlina : Jelaskan tentang perpuluhan dan berkat yang diterima 
  • Dari Joni : Apakah laki-laki tidak boleh ikut agama istri yang Kristen? 
  • Dari bpk Hasudungan di Way Galih : Doakan anak saya Yoshua 6 bulan divonis jantung bocor dan harus dioperasi. sudah discan
  • Dari ibu Kristin di Kedaton : Teman saya meninggal 7 hari yang lalu. Dia agama lain. Apakah boleh mendoakan dia? 
  • Dari ibu NN : Suami selingkuh dan menikah siri. Saya Kristen. Apa yang harus saya lakukan? 
  • Dari Demos di PKOR : Doakan teman Nova yang ikut final Grand AFI 
  • Dari Febiola Sitinjak di Rajabasa : Saya suka manggung di organ tunggal. Saya ingin berubah. Doakan. 
  • Dari Grace Natalia di Kemiling : Bagaimana agar rohani dapat tumbuh dan berapi-api dalam Tuhan? 
  • Dari Reni di Natar : Arti teologi itu apa? mengapa pendeta harus dibekali teologi? 
  • Dari bpk Herman : Bagaimana cara Yesus menolong kita? Apakah lewat perantaraan orang lain atau langsung? 
  • Dari ibu Semi : Bagaimana melakukan Firman memberi dan menerima? 
  • Dari Yorni Agai : Dalam kitab apa kedatangan Yesus yang kedua kali? 
  • Dari bpk Sudirman di Tanggamus : Mengapa kita harus memperbarui rohani kita padahal ketika percaya,  rohani kita sudah diperbarui? 
  • Dari Grace : Apakah salah jika sebagai orang Kristen saya pakai kerudung untuk menghormati teman saya? 
  • Dari Desi : Apa doa untuk pemerintah harus setiap hari atau setahun dalam dosa safaat? 
  • Dari Rudi : Bagaimana ketika orangtua melarang ibadah? Papa belum percaya. 
  • Dari mbak Tuti di Natar : Bagaimana dapat merasakan urapan Tuhan? 
  • Dari Jeslin di Teluk Betung : Jika orang Kristen ikut capgomeh, apakah itu sikap mendua? 
  • Dari Devi di Tanjung Senang : Bagaimana belajar memberkati Yesus dalam pelayanan? Saya tidak punya talenta 
  • Dari bpk John : Kristen Kerasulan Baru itu apa? Mengapa tidak menyatu dengan oikumene? 
  • Dari ibu Reta di Way Kandis : Hidup bersekongkol dengan dosa itu apa? 
  • Dari ibu Alex : Bagaimana mengatasi hutang keluarga? Saya depresi. 
  • Dari Ucok : Apakah uji nyali itu beneran? Saya melihat orang Kristen menyebut nama Yesus tidak diganggu setan 
  • Dari bpk Aming : Bagaimana tanggung jawab kita saat melihat jemaat dianiaya saudaranya? Apa yang harus kita lakukan? 
  • Dari NN : Kalau orang berdosa di akhir hidupnya bertobat dan dibaptis, apakah dia selamat?