Melakukan Firman Tuhan dengan Kasih

Jumat, 17 Januari 2014 pukul 19.00 - 21.00
"Melakukan Firman Tuhan dengan Kasih"
Dany Salim

Pendamping
Daniel Sanger, Yosef Aegeng, Tutu Petrus, Luki Winata,
Yahya Wangsajaya, dan Yohannes Lie


"Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." (Mat. 11:28-30)

    Melihat situasi saat ini, banyak terjadi bencana, banjir di Manado, gunung Sinabung meletus, mendotong kita untuk semakin dekat dengan Tuhan. Juru Selamat mengajak semua manusia yang berbeban berat untuk datang padaNya. Sering kita merasa berat melakukan perintah Tuhan. Musa memnyampaikan 10 perintah Tuhan, tertulis dalam Keluaran 20:1-17. kepada bangsa Israel. Namun bangsa ini tidak dapay melakukannya secara sempurna, dan itu menjadi beban. Ketika mengalami beban berat, kita akan merasa letih lesu. Tuhan menawarkan kelegaan. Saya juga mengalami hal itu ketika ingin percaya. Terasa berat. Jangan berbohong, jangan menyakiti orang lain, rasanya perintah ini berat dan tidak mampu dilakukan. Namun ketika datang pada Tuhan, kita akan merasa lega. Ketika ujian berat menimpa kita, datanglah pada Yesus, Dia akan memberi kelegaan. Namun kemudian kita diberi kuk. Kuk bisa berupa beban, bisa juga peraturan Firman Tuhan. Kuk itu enak dan ringan jika kita melakukan perintah Tuhan dengan kasih dengan disertai kasih Tuhan untuk kita. Kita akan berkata, saya tidak mau melakukan kejahatan karena saya mengasihi Tuhan. Mungkin saat menerima sms yang menyakitkan, kita tidak ingin membalas karena kita mau melakukan perintah Tuhan dengan kasih.
     Hukum Torat terdiri dari 613 perintah dan larangan, terbagi atas 248 perintah Tuhan dan 365 larangan Tuhan. Angka 248 itu adalah jumlah seluruh tulang manusia, dan 365 adalah jumlah hari dalam setahun. Tentu semua itu terasa sangat berat. Tapi karena Tuhan menyertai kita dalam melakukan Firman Tuhan, kita menjadi mampu melakukannya. Karena itu lakukan perintah Tuhan dengan didasari kasih pada Tuhan dan pada sesama manusia. Karena kita mengasihi Tuhan, perintah itu menjadi ringan. Kita pasti sanggup melakukannya. Sandarkan seluruh kehidupan kita pada Tuhan. Amin.

Pertanyaan dan permohonan doa dari pendengar radio Heartline  
  • Dari sdr Ute :  Selamat malam. Apa benar Tuhan itu pasti mempersiapkan pasangan untuk kita? Sampai usia 22 tahun, saya belum pacaran. Saya gelisah. Dulu ada yang dekat tapi beda agama, saya tidak mau.
  • Dari sdr Rohmat : Doa dapat dilakukan dimana saja. Apakah orang mati dapat didoakan?
  • Dari ibu Linda : Selamat malam. Bagaimana seorang hamba Tuhan dapat mempertanggungjawabkan iman jemaatnya jika dia selalu sibuk pelayanan keluar kota?
  • Dari sdr Yosef : Bagaimana belajar Firman Tuhan yang benar? Bagaimana aturannya?
  • Dari bpk Junai : Shalom. Pada abad berapa Kristen masuk Indonesia?
  • Dari sdr Anton di Negri Sakti : Selamat malam. Doakan pekerjaan saya agar diberkati Tuhan
  • Dari sdri Ani : Selamat malam. Apakah hasil dari kita tekun membantu pelayanan di gereja?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Siapakah nabi Nuh itu?
  • Dari bpk Yanto : Selamat malam. Mengapa Allah mengutus anakNya ke dunia? Setelah kedatanganNya yang kedua, apakah ada kedatanganNya yang ketiga?
  • Dari sdr Febri : Shalom. Bagaimana cara melepaskan kuasa setan yang ada di kita dan orang lain (pacar saya) yang tidak hidup dalam hadirat Tuhan?
  • Dari seseorang : Shalom. Apa yang dimaksud dengan Tritunggal? Apakah Tuhan Yesus itu ada tiga, ya pak?
  • Dari sdr Titus : Selamat malam. Doakan teman saya, Dian dan Ria, yang besok akan menikah.
  • Dari sdri Tia di Ganjar Agung : Sekamat malam. Mengapa orang jahat umurnya lebih panjang daripada orang baik? 
  • Dari sdri Endang : Doakan kuliah saya agar lancar dan diberkati
  • Dari sdr David : Selamat malam. Jelaskan mengenai hukum "Jangan mengingini milik orang lain"
  • Dari seseorang : Selamat malam. Saya senang mendengarkan siaran Samaria. Bagaimana menghapus dosa perzinahan?
  • Dari bpk. Herman : Selamat malam. Apa arti mati dan hidup kekal?
  • Dari hamba Tuhan di Metro : Selamat malam. Doakan bencana alam di Menggala dan Manado
  • Dari sdr Aden : Selamat malam. Dilanjutkan atau tidak, jika pasangan kita non-Kristen yang tidak mau masuk Kristen?
  • Dari sdri Areta di Tanjung Karang : Selamat malam. Dimana tertulis Firman Tuhan mengenai berkat yang Yesus berikan?
  • Dari ibu Erna Butar-butar di Kota Sepang : Shalom. Doakan kandungan saya sudah 9 bulan, perkiraan bulan dua ini akan melahirkan, agar lahir normal, lancar dan selamat. Doakan juga suami saya yang sedang menuju Lahat agar dilindungi dan dekat dengan Tuhan
  • Dari sdri Eva : Apakah ada perbedaan doktrin Kristen dan Katolik?
  • Dari ibu Sujinah : Shalom. Doakan keluarga kakak di Cepu, bpk Yatno yang anaknya meninggal, agar diberi kekuatan dan ketabahan
  • Dari seseorang : Doakan agar saya lancar berbicara r, diberi kepintaran dan diberkati Tuhan Yesus
  • Dari bpk Sabar : Dalam Alkitab tidak boleh membuat patung dan menyembahnya. Mengapa masih ada yang melakukannya?
  • Dari sdr Jensen di SMK 5 : Doakan agar dapat tempat praktek industri
  • Dari sdri Carolina : Doakan kesehatan dan jodoh saya
  • Dari sdri Yohana di Wayhalim : Jelaskan mengenai kuk yang dipasang Tuhan itu apa?
  • Dari sdri Risna Yolanda : Shalom. Doakan keluarga agar dilindungi Tuhan. Ada yang membanci keluarga kami. Rindu mujizat Tuhan untuk bapak saya yang 17 tahun sakit. Doakan juga untuk UAS agar saya dapat IP 3
  • Dari sdri Lina di Tanjung Senang : Selamat malam. Renungan kiranya menjadi hikmat. Doakan saya diberi kelegaan dan keteguhan iman. Ada roh-roh yang mengganggu saya.
  • Dari bpk Hadi di Teluk Betung : Alkitab mengajarkan tidak boleh menyembah Allah lain. Ada tetangga orang Kristen menyembah allah lain selain Yesus. Apa pendapat bapak?
  • Dari bpk Bambang di Lampung Timur : Selamat malam. Terima kasih atas dukungandoanya sehingga saya dapat tempat pelayanan; Kapan team Samaria berkunjung?
  • Dari sdr Asep ; Bagaimana menghadapi orangtua yang suka berantem?
  • Dari seseorang : Selamat malam. Doakan agar kuliah saya lancar, Jika Tuhan melihat anakNya dilukai orang lain, apa yang dilakukan Tuhan?
  • Dari sdri Bertha : Bagaimana caranya agar dapat mengalahkan kedagingan?
  • Dari sdri Yorni Agai : Mengapa kita tidak dapat mengerjakan apa yang dikerjakan Yesus di dunia ini, padahal kita segambar dengan Dia?
  • Dari sdri Nita di Rajabasa :  Selamat malam. Bagaimana menjalankan hubungan tanpa restu orangtua?
  • Dari sdr Febri : Shalom. Doakan agar papa dan mama percaya pada yesus. Itulah kerinduan saya
  • Dari seseorang : Selamat malam. Saya cowok 24 tahun, kenal beberapa cewek seiman,tapi selalu putus. Doakan
  • Dari sdri Yuli di Darmajaya : Bagaimana sikap terhadap orang-orang yang mengalami bencana? sebagai orang percaya, apa yang harus kita lakukan?
  • Dari sdri Ingan di Karanganyar ; Shalom. Doakan masalah dalam pekerjaan saya
  • Dari bpk Murti : Selamat malam. Doakan istri sedang sakit
  • Dari seseorang : Mengapa gereja berbeda-beda? Mengapa tidak satu saja?
  • Dari sdri Keisha : Siapakah nama penjahat yang disalib di sebelah Yesus?